©Sistem Manajemen Multi Perusahaan

TUGAS & FUNGSI DEPT MARKETING


Ditulis Oleh: Alfians Increms Januari, 2018
Aplikasi: Perkebunan - Pertambangan - HTI - HPH Sistem Integrasi

Tugas dan tanggung jawab dalam bidang pemasaran (marketing) meliputi serangkaian strategi, aktivitas, dan upaya untuk memahami pasar, mempromosikan produk atau layanan, serta membangun hubungan dengan pelanggan. Ini mencakup penelitian pasar, pengembangan strategi pemasaran, pelaksanaan kampanye promosi, dan analisis hasil untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Profesional pemasaran bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar, menetapkan segmen target, merencanakan dan melaksanakan kampanye iklan dan promosi, serta memanfaatkan berbagai saluran distribusi dan komunikasi untuk memasarkan produk atau layanan serta fokus pada pembangunan merek (branding), pengelolaan media sosial, analisis tren pasar, dan membangun strategi untuk mempertahankan dan menarik pelanggan baru, Marketing memiliki peran penting tim pemasaran dalam memahami kebutuhan pasar, mempromosikan produk atau layanan, serta membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

JOB DESCRIPTION MARKETING DEPARTEMENT

Marketing Departement Manager

NO ITEMS JOB IDENTITY
1 Job Tittle Marketing Departement Manager
2 Departement Marketing Departement
3 Division Marketing, Sales & Distribution Division
4 Direct Superior

Marketing & Distribution Division Head

5 Direct Subordinate(s)

Marketing Representative : 4 orang

No TASK & AUTHORITY Level Performance Indicator
1 Menyusun strategi pemasaran dengan mempertimbangkan aspek segmentation, targeting dan positioning (STP), dan menentukan marketing mix (product, price, promotion dan place/distribution). Full Market Share
 

Melakukan segmentasi pasar berdasarkan demografi, psikografi, dan behavioral variable :

  • Identifikasi target pasar
  • Meningkatkan positioning product secara terus menerus
  • Meningkatkan diferensiasi yang unik kepada customer dari product maupun layanan
  • Membuat pricing policy
  • Membuat rencana dan melakukan aktivitas promosi bersama team sales
  • Mengembangkan channel distribusi
   
2 Menyusun dan mengelola implementasi rencana pemasaran (marketing plan) dan program-program pemasaran Full Marketing Plan
3 Market Research    
4 Memastikan rencana produksi di Plant Operation berjalan sesuai rencana Full ITO
5 Melakukan evaluasi kinerja bawahan, koordinasi, sharing informasi, motivasi, pendampingan    
6 Memberikan arahan yang jelas kepada staf dalam melaksanakan pekerjaan dan bagaimana membuat prioritas Full  
       

 

Job Competencies

NO GENERAL Optimal Range Required
1 2 3 4 5
1 Problem Analysis & Solution          
2 Work Efficiently          
3 Customer Focus          
4 Build Relationship          
5 Team Player          
6 Communication          
7 Drive for Result          
8 Learning Ability          
9 Adaptability          
             

 

NO SPECIFIC Optimal Range Required
1 2 3 4 5
  Managerial Skills:          
1 Planning & Organising          
2 Business Orientation          
3 Control          
4 Developing Others          
5 Organizational Commitment          
6 Safety, Health & Environment          
7 Leadership          
  Technical Skills          
1 Market Research          
2 Marketing Plan, Strategy & Tactics          
3 Negotiation skills          
4 Salesmanship          
5 Industrial & Product Knowledge          
6 Practical Business Orientation          
7 Engineering economics          
8 Engineering          
             

 

Input Data Tanpa Refresh Dengan Database MYSQL

Perhatikan setiap warna yang diberikan, karena kata-kata itu akan saling berhubungan atau dikenal dengan INTEGRASI jika sudah jadi maka menjadi INTEGRITED, Para penggunanya menjadi INTEGRITER (Integrity), Kata setiap warna yang diberikan selalu berhubungan dengan skrip selanjutnya

Input Data Tanpa Refresh

Input Data Tanpa Refresh Dengan Radio button

Kita Melanjutkan dari Input data tanpa refresh dengan database MySQL I yang sudah kita bahas sebelumnya, maka kita melanjutkan pembahasan ini walaupun tidak jauh berbeda hanya perbedaan pada pilihan kelamin, yang sebelumnya menggunakan type input, sekarang menggunakan type Radio button atau Checkbox kita pilih salah satunya saja,

Input Data dengan Radio button

Input Data Tanpa Refresh Dengan Checkbox

Ini hanya penambahan saja dari Input data tanpa refresh dengan database MySQL dan Input data tanpa refresh dengan database MySQL II yang sudah kita bahas sebelumnya, yakni sebelumnya menggunakan type input, dan type Radio button maka sekarang menggunakan Checkbox. Seperti biasa membuat database, atau bisa juga menggunakan database yang sudah ada

Input Data dengan Checkbox

Cookie Xflash

This website uses cookies. We use cookies to ensure that we give you the best experience on our website to personalise content, adverts and to analyse our traffic using Google Analytics. Read Xflash Privacy Policy and Cookie Policy and Terms & Conditions.

Situs web ini menggunakan cookie. Kami menggunakan cookie untuk memastikan bahwa kami memberikan pengalaman terbaik di situs kami untuk Anda dan untuk mempersonalisasi konten, iklan dan menganalisis lalu lintas menggunakan Google Analytics. Bacalah tentang : Kebijakan Privacy dan Kebijakan Cookie serta Syarat & Ketentuan Xflash.

Silahkan Anda dapat mengubah pengaturan cookie kapan saja, menghapus atau disable pada browser.

X-flash Increms 1.1

X

X-Bootcamp

Skill Pemrograman

"Belajar Pemrograman dan membuat Projek yang siap guna serta dikembangkan"

Dari Dasar sampai Mahir

Dengan atau melanjutkan menggunakan website ini, Anda menyetujui kebijakan cookies kami.

🍪 Read Our Cookie Policy & Disclaimer, We use cookies to help us give you the best experience on our website.If you continue without changing your settings, we will assume that you are happy to receive all cookies on our website. However, if you would like to, you can change your cookie settings at any time.